LOGIN
Email Harus diisi.
Sandi Harus diisi.


  • 1 Kawah Gunung Tangkuban Perahu
    Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu kawasan wisata sebelah utara Lembang di utara kota Bandung.
  • 2 Curug Cimahi
    Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 m,
    merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya.
  • 3 Little Farmer
    Berlibur Sekaligus Belajar
  • 4 Taman Bunga Cihideung
    Merupakan surga bagi pemburu tanaman hias.
  • 5 Kawasan Agrowisata Cisarua
    Tinggalkan rutinitas Anda yang melelahkan di kota besar dengan berkunjung serta berwisata di Nirwana Agrowisata Terpadu Cisarua sebagai tempat istirahat yang tenang dan sejuk dengan pemandangan pegunungan yang indah!
SEARCH

  VISI DAN MISI
 

Upaya pembangunan daerah yang selama ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki dampak posistif diberbagai kehidupan masyarakat, namun pembangunan tersebut perlu adanya pengendalian dan evaluasi agar berjalan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Terkait dengan pembangunan di Jawa Barat beserta permasalahan yang timbul, maka perlu adanya skala prioritas pembangunan yang salah satunya adalah pembangunan manusia Jawa Barat yang memiliki kompetensi yang tepat, cepat, cerdas, terarah, dinamis, dan memiliki nilai “ nilai agamamis dimana pembangunan manusia Jawa Barat sebagai pusat pembangunan diberbagai sektor disamping itu harus memiliki rencana yang tepat dan terarah sesuai dengan payung hukum Undang “ Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 6 Tahun 2009 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat serta Undang “ Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Perencanaan Daerah dimana dalam payung hukum tersebut perlu di terjemahkan dalam suatu dokumen Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Jawa Barat yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan bagian sistim perencanaan pembangunan daerah periode 5 (lima) tahun kedepan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat wajib menyusun dokumen Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) serta memperhatikan pada Rencana Jangka Menengah Nasional (RJMN).


Menyimak hal tersebut di atas, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat berupaya mengarahkan peningkatan sektor ekonomi melalui peningkatan sektor pariwisata yang dukung sektor kebudayaan menjadi salah satu sektor andalan yang mampu menggalakkan roda perekonomian sehingga mampu memberi kesempatan kepada masyarakat untuk membuka lapangan kerja dan berusaha secara mandiri yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat juga pendapatan negara melalui penerimaan devisa.




Visi dan Misi Pembangunan Jawa Barat


Visi Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat dalam RPJP Daerah Jawa Barat 2005-2025 adalah :


DENGAN IMAN DAN TAKWA, PROVINSI JAWA BARAT TERMAJU DI INDONESIA


Misi Pembangunan Pembangunan Daerah Jawa Barat adalah :


1.Mewujudakan kualitas kehidupan masyarakat yang berbudaya ilmu dan tekhnologi, produksi dan berdaya saing

2.Meningkatkan perekonomian yang berdaya saing dan berbasis potensi daerah

3.Mewujudkan lingkungan hidup yang asri dan lestari

4.Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik

5.Mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan




Visi dan Misi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat


Guna mendukung dan menyelaraskan visi dan misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah menetapkan visi sebagai berikut :


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat sebagai Motor Penggerak Terwujudnya Jawa Barat Sebagai Daerah Budaya dan Tujuan Wisata Andalan


Visi tersebut memiliki makna :


1. Motor Penggerak : bahwa sektor kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat memiliki jatidiri dan karakter yang kuat dan diharapkan mampu menjadi penggerak perekonomian Jawa Barat untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat melalui penciptaan lapangan kerja dan peluang usaha dengan berbasis sumber daya lokal.


2. Daerah budaya : suatu wilayah yang memiliki komunitas individu dan kelompok yang salingberinteraksi dan hubungan timbal balik untuk mewujudkan tujuan bersama dengan tetap berorientasi terhadap tata nilai, sistim dan pola lingkungan budaya dalam satu wilayah administratif.


3. Tujuan wisata andalan : Potensi objek wisata di Provinsi Jawa Barat memiliki keunggulan komparatif dengan berbagai potensi objek wisata pilihan yang berfariasi terdiri dari Gunung, Rimba, Laut, Sungai dan Seni Budaya sebagai Daerah Tujuan Wisata Andalan, disamping itu, Provinsi Jawa Barat secara geografis berbatasan langsung dengan ibu kota negara yang merupakan pintu masuk wisatawan menuju Jawa Barat sekaligus sebagi pintu masuk wisatawan mancanegara ke Indonesia, dengan demikian maka Provinsi Jawa Barat merupakan Daerah Tujuan Wisata andalan dalam skala nasional, regional maupun internasional.



Misi 1 :


Meningkatkan pembangunan perekonomian regional berbasis potensi lokal (RPJM 2008-2013)


Tujuan :


Meningkatkan kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan, belanja wisatawan, pertumbuhan investasi dibidang kepariwisataan dan kebudayaan.


Sasaran :


1.Meningkatnya kualitas objek dan daya tarik wisata dan budaya

2.Meningkatnya prasarana pariwisata menuju ODTW

3.Meningkatnya kesempatan kerja dan berusaha

4.Tersedianya produk wisata dan produk budaya kota dan kabupaten unggulan

5.Meningkatnya PAD pariwisata kota dan kabupaten di Jawa Barat

6.Meningkatnya kualitas lingkungan

7.Tersusunnya analisis pasar wisata Jawa Barat

8.Meningkatnya event dan atraksi kesenian


Misi 2 :


Meningkatkan sinergitas pengembangan kepariwisataan untuk revitalisasi daya tarik wisata serta pelayanan kepada wisatawan.


Tujuan :


Revitalisasi objek dan daya tarik wisata melalui sinergitas pembangunan kepariwisataan antar provinsi, kota dan kabupaten.


Sasaran :


1.Memelihara dan meningkatkan daya tarik wisata yang sudah ada atau popular agar tetap menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan sehingga arus kunjungan relative meningkat.

2.Berkembang atau bertambahnya objek dan daya tarik wisata baik alam maupun budaya di Jawa Barat.

3.Menambah viariasi perjalanan wisata.


Misi 3 :


Memfasilitasi berbagai kebutuhan prasarana yang menunjang wisatawan untuk dapat dengan mudah mencapai daerah tujuan wisata


Tujuan :


Menyediakan prasarana melalui kerjasama diantara SKPD


Sasaran :


1.Meningkatnya prasarana pariwisata di berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

2.Memberikan kemudahan kepada investor untuk menanamkan modalnya dalam membangun ODTW/kawasan wisata.



Misi 4 :


Mengembangkan kepariwisataan dengan konsep berkelanjutan (suistainable tourism development)


Tujuan :


Memelihara dan melestarikan lingkungan.


Sasaran :


1.Mengurangi pencemaran pada ODTW alam oleh polusi limbah industry maupun limbah domestic.

Mengoptimalkan rehabilitasi lahan kritis baik pada ODTW maupun kawasan wisata alam dan budaya.
   
 

October.
22
2019
GALERI
 
   
   
   
 
     

     
 
©2011 Cakrawala Jejaring